RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Bahasa Sunda
Satuan
Pendidikan :
Kls/Smester
:VI / 1
Pertemuan
ke :1 (satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 30 menit
I.
Standar
Kompetensi
Membaca (maca)
:
Mampu memahami dan
menanggapi berbagai jenis dan bentuk wacana tertulis (teks) dengan
membaca dalam hati, membaca sekilas, membaca percakapan, membaca grafik atau
peta.
Berbicara
(nyarita) :
Mampu
mengungkapkan pikiran, perasaan serta keinginan secara lisan dalam menceritakan
hasil pengamatan, membahas isi buku, mengkritik sesuatu disertai dengan alasan,
pidato (biantara) dan berdiskusi.
II.
Kompetensi
Dasar
Membaca (maca)
:
Membaca dalam
hati
Berbicara
(nyarita) :
Menceritakan
hasil pengamatan
III.
Indikator
Membaca (maca)
:
1.
Dapat
menyebutkan isi teks dengan baik
2.
Dapat
memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.
Berbicara (nyarita) :
1.
Dapat
menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati
2.
Dapat
menjelaskan secara rinci hasil pengamatan dengan bahasa yang runtut dan
komunikatif.
IV.
Karakter
siswa yang di harapkan
·
Berani
·
Jujur
·
Percaya
diri
V.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menjelaskan isi teks cerita yang telah dibaca.
2.
Siswa
dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks yang di baca.
3.
Siswa
dapat mengemukakan kembali teks yang telah dibaca dengan bahasa sendiri.
VI.
Materi
Pelajaran
Membaca (maca)
teks dengan judul “Pabrik Minyak Nilam di Pagerageung”
Berbicara
(nyarita) nyaritakeun hasil paniten.
VII.
Metode
Ceramah
A B C Games
VIII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal (5 menit)
a.
Mengisi
daftar absen, berdo’a dan mempersiapkan materi ajar.
b.
Guru
membuka pelajaran dengan bernyanyi terlebih dahulu sebagai penyemangat.
c.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan
inti (2 x 25 menit)
a.
Eksplorasi
Guru bertanya
kepada siswa tentang teks yang telah dibacanya, sebagai tes untuk mengetahui
kemampuan siswa.
b.
Elaborasi
1)
Guru
membagi siswa menjadi 3 kelompok (A, B, C).
2)
Siswa
membaca cerita/teks dan mencatat hal-hal yang penting.
3)
Guru
meminta masing-masing kelompok menyiapkan salah satu anggotanya untuk mengikuti
lomba/games. Guru meminta siswa yang mewakili kelompok untuk maju ke depan
kelas.
4)
Guru
memberikan kertas yang berisi pertanyaan yang berhubungan dengan materi.
5)
Siswa
yang mengikuti lomba harus menjawab sendiri soal dengan menuliskan jawaban di
papan tulis. Siswa boleh di bantu dengan kelompoknya. Setelah selesai soal
pertama, guru meminta siswa lain dalam kelompok maju ke depan melanjutkan lomba
dan menjawab soal kedua dan begitu seterusnya.
6)
Guru
menilai proses lomba dan hasil jawaban setiap soal yang di kerjakan dan
menjumlahkan skor pada tiap kelompok.
c.
Konfirmasi
a.
Guru
memberikan penghargaan pada kelompok pemenang
b.
Guru
melakukan refleksi materi pembelajaran
3.
Kegiatan
akhir (5 menit)
Guru bersama
siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
IX.
Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Skor
|
Membaca (maca) :
·
Dapat
menyebutkan isi teks dengan baik
|
Individu
|
Lisan
|
30
|
·
Dapat
memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.
|
Kelompok
|
Tulisan
|
20
|
Berbicara (nyarita) :
·
Dapat
menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati
|
Individu
|
Lisan
|
20
|
·
Dapat
menjelaskan secara rinci hasil pengamatan dengan bahasa yang runtut dan
komunikatif
|
Kelompok
|
Lisan
|
30
|
X.
Sumber
/ Bahan / Alat
1.
Buku
paket “Piwulang Basa 6” pangajaran basa sunda pikeun murid SD/MI, Taufik
Faturohman, dkk. CV Geger Sunten.
2.
Angket
dan lembar soal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar