CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 22 Agustus 2013

PPL part I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran             : Bahasa Sunda
Satuan Pendidikan       
Kls/Smester                  :VI / 1
Pertemuan ke               :1 (satu)
Alokasi Waktu             : 2 x 30 menit

I.                    Standar Kompetensi
Membaca (maca) :
Mampu  memahami dan  menanggapi berbagai jenis dan bentuk wacana tertulis (teks) dengan membaca dalam hati, membaca sekilas, membaca percakapan, membaca grafik atau peta.
Berbicara (nyarita) :
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan serta keinginan secara lisan dalam menceritakan hasil pengamatan, membahas isi buku, mengkritik sesuatu disertai dengan alasan, pidato (biantara) dan berdiskusi.

II.                 Kompetensi Dasar
Membaca (maca) :
Membaca dalam hati
Berbicara (nyarita) :
Menceritakan hasil pengamatan

III.               Indikator
Membaca (maca) :
1.      Dapat menyebutkan isi teks dengan baik
2.      Dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.
Berbicara (nyarita) :
1.      Dapat menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati
2.      Dapat menjelaskan secara rinci hasil pengamatan dengan bahasa yang runtut dan komunikatif.
IV.              Karakter siswa yang di harapkan
·        Berani
·        Jujur
·        Percaya diri
V.                 Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan isi teks cerita yang telah dibaca.
2.      Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks yang di baca.
3.      Siswa dapat mengemukakan kembali teks yang telah dibaca dengan bahasa sendiri.
VI.              Materi Pelajaran
Membaca (maca) teks dengan judul “Pabrik Minyak Nilam di Pagerageung”
Berbicara (nyarita) nyaritakeun hasil paniten.
VII.            Metode
Ceramah
A B C Games
VIII.         Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (5 menit)
a.       Mengisi daftar absen, berdo’a dan mempersiapkan materi ajar.
b.      Guru membuka pelajaran dengan bernyanyi terlebih dahulu sebagai penyemangat.
c.       Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan inti (2 x 25 menit)
a.       Eksplorasi
Guru bertanya kepada siswa tentang teks yang telah dibacanya, sebagai tes untuk mengetahui kemampuan siswa.
b.      Elaborasi
1)      Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (A, B, C).
2)      Siswa membaca cerita/teks dan mencatat hal-hal yang penting.
3)      Guru meminta masing-masing kelompok menyiapkan salah satu anggotanya untuk mengikuti lomba/games. Guru meminta siswa yang mewakili kelompok untuk maju ke depan kelas.
4)      Guru memberikan kertas yang berisi pertanyaan yang berhubungan dengan materi.
5)      Siswa yang mengikuti lomba harus menjawab sendiri soal dengan menuliskan jawaban di papan tulis. Siswa boleh di bantu dengan kelompoknya. Setelah selesai soal pertama, guru meminta siswa lain dalam kelompok maju ke depan melanjutkan lomba dan menjawab soal kedua dan begitu seterusnya.
6)      Guru menilai proses lomba dan hasil jawaban setiap soal yang di kerjakan dan menjumlahkan skor pada tiap kelompok.
c.       Konfirmasi
a.       Guru memberikan penghargaan pada kelompok pemenang
b.      Guru melakukan refleksi materi pembelajaran

3.      Kegiatan akhir (5 menit)
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
IX.              Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Skor
Membaca (maca) :
·        Dapat menyebutkan isi teks dengan baik

Individu
Lisan
30
·        Dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.

Kelompok
Tulisan
20
Berbicara (nyarita) :
·        Dapat menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati

Individu
Lisan
20






·        Dapat menjelaskan secara rinci hasil pengamatan dengan bahasa yang runtut dan komunikatif
Kelompok
Lisan
30

X.                 Sumber / Bahan / Alat
1.      Buku paket “Piwulang Basa 6” pangajaran basa sunda pikeun murid SD/MI, Taufik Faturohman, dkk. CV Geger Sunten.
2.      Angket dan lembar soal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar