CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 25 Agustus 2013

PPL part 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Bahasa Sunda
Satuan Pendidikan     
Kelas/Smester             : IV / 1
Pertemuan ke              : 1
Alokasi waktu             : 2 x 30 menit

I.                      Standar Kompetensi
Mampu menyimak untuk memahami dan menanggapi pengumuman, dongeng dan guguritan.

II.                   Kompetensi Dasar
Menyimak pengumuman (bewara)
Menyimak dongeng
Menyimak guguritan

III.                Indikator
1.      Dapat menyebutkan isi teks yang telah dibaca.
2.      Dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.
3.      Dapat membuat dongeng atau cerita tentang kegiatan sehari-hari.

IV.             Karakter yang diharapkan
Percaya diri
Jujur
Berani

V.                Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menyebutkan isi teks yang telah dibaca.
2.      Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.
3.      Siswa mampu membuat dongeng atau cerita tentang kegiatannya sehari-hari.

VI.             Materi Pelajaran
Ngaregepkeun bewara
Maca Carita anu luyu jeung eusi bewara Nulis bewara jeng nulis narasi

VII.          Metode
Ceramah
True or False

VIII.       Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal (5 menit)
a.       Mengisi daftar absen dan mempersiapkan materi ajar.
b.      Guru membuka pelajaran dengan bernyanyi terlebih dahulu sebagai penyemangat.
c.       Guru menginformasikan tujuanpembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (2 x 25 menit)
a.       Ekplorasi
Guru bertanya kepada siswa tentang materi yang akan disampaikan, sebagai tes awal kemampuan siswa.
b.      Elaborasi
1.      Guru meminta siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 3-4 orang siswa.
2.      Guru meminta salah satu perwakilan siswa membacakan cerita tentang “Mersihan Lingkungan” di depan kelas.
3.      Guru memulai kuis dengan membacakan beberapa pertanyaan ditujukan kepada salah satu kelompok dan ada kelompok yang mendapat kesempatan cukup menjawab benar atau salah. Guru memberi skor atau nilai pada setiap jawaban yang benar.
4.      Guru menjumlahkan skor atau nilai masing-masing kelompok pada akhir pembelajaran.
c.       Konfirmasi
a.       Guru memberikan penghargaan pada kelompok pemenang
b.      Guru melakukan refleksi materi pelajaran.
3.      Kegiatan Akhir (5 menit)
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

IX.             Penilaian Hasil Belajar
Indikator pencapaian kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Skor
·         Dapat menyebutkan isi teks yang telah dibaca.

Individu
Lisan
20
·         Dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.

Kelompok
Tulisan
40
·         Dapat membuat dongeng atau cerita tentang kegiatan sehari-hari
Individu
Tulisan
40

X.                Sumber / Bahan / Alat
1.      Buku Paket “panuntun basa”, Dadang Rahman, dkk, Yudistira.
2.      Naskah cerita


Tidak ada komentar:

Posting Komentar