RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : MI PUI Kertaharja
Mata
Pelajaran : Al Qur’an Hadist
Kelas
/ Smester : I / II
Alokasi
Waktu : 6 jam x 35 menit (2 x
pertemuan)
Standar
Kompetensi : 6. Menghapal Al Quran
surat-surat pendek pilihan
Kompetensi
Dasar :
6.
3 Menghapal QS Al Ashr dengan lancar.
Indikator : 6.3.1 Menyebutkan arti kata Al Ashr
6.3.2 Menyebutkan jumlah ayat dan tempat turun
QS Al Ashr
6.3.3
Menunjukan hapal QS Al Ashr dengan benar
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar, siswa diharapkan:
Ø
Mampu
melafalkan surah Al Ashr dengan harakat dan
makhraj yang benar sekaligus dapat menetapkan hukum bacaan yang ada pada surah
Al Ashr.
Ø
Mampu mengartikan surah Al Ashr dengan benar.
Ø
Mampu menulis kata dan kalimat surah Al Ashr
dengan benar.
Ø
Mampu menyebutkan sekaligus memahami isi pokok
surah Al Ashr.
Karakter siswa yang
diharapkan : Kerja keras, tanggung jawab dan jujur.
B.
Materi
Pembelajaran
QS Al-Ashr
Al Ashr artinya masa /
waktu, QS Al Ashr diturunkan di Mekah , terdiri dari 3 ayat.
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanyajawab
dan penugasan.
D.
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran :
1. Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
·
Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal
siswa
·
Memperkenalkan bahan ajaran yang menarik dan
berguna bagi siswa (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2.
Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa melafalkan Surah Al Ashr secara klasikal, kelompok-kelompok dan individu
·
Siswa melafalkan Surah Al Ashr dengan
menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Ashr secara
berulang-ulang
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Siswa
menyimak penjelasan guru tetang arti Al Ashr, jumlah ayat QS Al Ashr dan tempat
turun QS Al Ashr
· Siswa
melafalkan QS Al Ashr ayat demi ayat dengan bimbingan guru secara
berulang-ulang baik secara klasikal / kelompok
· Siswa
menuliskan QS Al Ashr.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa secara klasikal mengulang
kembali pelafalan QS Al Ashr
·
Guru
menganjurkan untuk selalu menghapal QS Al Ashr di rumah sebagai tugas.
·
Menutup petemuan
dengan membaca do’a dan salam.
E. Alat / Sumber belajar
o
KTSP 2006
o
Buku PAI
Kls 1
o
Al Quran
F. Penilaian
§ Teknis
Tes : Lisan dan tulisan
§ Bentuk
Tes : Hafalan
§ Soal
Tes : Coba hafalkan surat Al-Ashr !
(nilai antara 6,5 dan 8,5).
No
|
Nama
|
Kemampuan
hapalan QS Al Ashr
|
Nilai
|
|||||
ayat
1
|
ayat
2
|
ayat
3
|
||||||
ya
|
tdk
|
ya
|
tdk
|
ya
|
tdk
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala MI
PUI Kertaharja
Anwar
Sanusi, S.Pd
NIP.
19610604 198206 1 003
|
|
Bandung,
Mei 2013
Guru
Mapel Al-Qur’an Hadist
Elista
Eka Lestari
NIP.
1210209022
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar