CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 13 Oktober 2013

QUANTUM TEACHING: Quantum teaching

QUANTUM TEACHING: Quantum teaching: BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang             Sekolah sebagai wahana pendidikan formal mempunyai tujuan untuk mencerdaskan keh...

Sabtu, 12 Oktober 2013

Silabus RPP


SILABUS
Nama Sekolah / Madrasah      : MIS Naelushibyan
Mata Pelajaran                        : Bahasa Sunda
Kelas / Smester                       : V / I
Standar Kompetensi               : Berbicara (nyarita)
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam mendeskripsikan benda atau alat, berwawancara, menanggapi suatu persoalan, menyampaikan pendapat, menyimpulkan isi dialog, memerankan drama pendek.
Menulis (nulis)
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam menulis cerita, menyusun paragraf, menulis surat, meringkas bacaan, menulis deskripsi dan menulis eksposisi.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Indikator
Evaluasi
A W
Sumber/Alat/ Media
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Menyimpulkan isi dialog atau percakapan
Percakapan
·         Murid membaca isi dialog/percakapan  langsung ”Cocoba ka Soleh.



·         Murid menyimpulkan isi percakapan (dialog) ”Cocoba ka Soleh.




·         Murid menjelaskan informasi yang diperoleh dari dialog atau percakapan yang disimak dari percakapan langsung ”Cocoba ka Soleh


·         Dapat membaca isi dialog/percakapan di langsung ”Cocoba ka Soleh.”

·         Dapat menyimpulkan isi percakapan (dialog) ”Cocoba ka Soleh.”


·         Dapat menjelaskan informasi yang diperoleh dari dialog atau percakapan yang disimak dari percakapan langsung ”Cocoba ka Soleh.”
Tulisan / Lisan
Uraian
1.   Bacakeun deui ku hidep dialog/percakapan “Cocoba ka Soleh” babarengan !

2.   Tulis kasimpulan tina eta percakapan dina buku bahasa sunda hidep !




3.   Informasi naon anu hidep apal tina percakapan langsung “Cocona ka Soleh”,
Jelaskeun !




30 menit





Buku Paket Panungtun Basa kelas 5 SD / MI.








Contoh dialog
Menulis Deskripsi
Karangan
·         Murid mengungkapkan sesuatu yang dilihat (benda atau seseorang) secara rinci dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimenegertioleh orang lain.



·         Murid menggunakan tanda baca (seru, titik dua, kurung) dalam tulisan.
·         Dapat mengungkapkan sesuatu yang dilihat (benda atau seseorang) secara rinci dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti orang lain.

·         Dapat menggunakan tanda baca (seru, titik dua, kurung) dalam tulisan.
Tulisan /
Lisan
Uraian
4.   Prak jelaskeun ku hideup barang atau benda naon anu aya dina gambar, ku basa anu babari, dipikaharti ku batur jeung make tanda baca anu merenah !
30
menit
Gambar yang relevan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Bahasa Sunda
Satuan Pendidikan      : MIS Naelushibyan
Kelas / Smester           : V / I
Pertemuan ke              : 
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit
I.                   Standar Kompetensi
Berbicara (nyarita)
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam mendeskripsikan benda atau alat, berwawancara, menanggapi suatu persoalan, menyampaikan pendapat, menyimpulkan isi dialog, memerankan drama pendek.
Menulis (nulis)
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam menulis cerita, menyusun paragraf, menulis surat, meringkas bacaan, menulis deskripsi dan menulis eksposisi.

II.                Kompetensi Dasar
Berbicara (nyarita)
Menyimpulkan isi dialog atau percakapan.
Menulis (nulis)
Menulis deskripsi.

III.             Indikator
Berbicara (nyarita)
1.      Dapat membaca isi dialog/percakapan di langsung ”Cocoba ka Soleh.”
2.      Dapat menyimpulkan isi percakapan (dialog) ”Cocoba ka Soleh.”
3.      Dapat menjelaskan informasi yang diperoleh dari dialog atau percakapan yang disimak dari percakapan langsung ”Cocoba ka Soleh.”
Menulis (nulis)
1.      Dapat mengungkapkan sesuatu yang dilihat (benda atau seseorang) secara rinci dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti orang lain.
2.      Dapat menggunakan tanda baca (seru, titik dua, kurung) dalam tulisan.



IV.             Karakter yang diharapkan
Berani, jujur dan bertanggungjawab.
V.                Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membaca dan menyimpulkan langsung isi percakapan “Cocoba ka Soleh”.
2.      Siswa dapat menjelaskan informasi yang diperoleh dari dialog atau percakapan yang disimak dari percakapan langsung ”Cocoba ka Soleh.”
3.      Siswa dapat mengungkapkan sesuatu yang dilihat (benda atau seseorang) secara rinci dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti orang lain dengan tanda baca yang baik dan benar.

VI.             Materi Pelajaran
Berbicara (nyarita)
Percakapan tentang ”Cocoba ka Soleh”. (Lampiran 1)
Menulis (nulis)
Nerangkeun barang di tilik tina ngaran jeung kaayaanana, naon nu saruana jeung naon bedana. (Lampiran 2)

VII.          Metode
Ceramah, demonstrasi dan menulis imajinatif.

VIII.       Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (5 menit)
a.       Guru mengabsen siswa, berdo’a dan menyiapkan materi.
b.      Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (2 x 30 menit)
a.       Eksplorasi
Guru bertanya tentang materi kepada siswa sebagai tes kemampuan siswa.
b.      Elaborasi
1.      Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok (1 barisan ke belakang).
2.      Guru menyiapkan tugas atau bahan-bahan yang akan di demonstrasikan.
3.      Guru meminta setiap kelompok secara bersama mendemonstrasikan dengan membacakan cerita ”Cocoba ka Soleh”.
4.      Guru menjelaskan cara membuat sebuah tulisan atau karangan.
5.      Guru membagikan kertas kerja sejumlah siswa.
6.      Setiap siswa membuat tulisan atau karangan dengan daya cipta dan kreasinya sendiri. Dalam waktu yang ditentukan, guru menunjuk salah satu siswa untuk menampilkan atau membacakan hasil karangannya.
7.      Guru menawarkan siswa lain yang menyatakan siap membacakan karangannya sendiri, dst.
c.       Konfirmasi
a.       Guru memberikan penghargaan pada siswa yang berani tampil di depan kelas.
b.      Guru dan siswa melakukan refleksi materi pelajaran.
3.      Kegiatan Akhir (5 menit)
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

IX.             Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen Soal
Skor
Berbicara (nyarita)
1.      Dapat membaca isi dialog/percakapan di langsung ”Cocoba ka Soleh.”
Lisan

1.      Bacakeun deui ku hidep dialog/percakapan “Cocoba ka Soleh” babarengan !
20
2.      Dapat menyimpulkan isi percakapan (dialog) ”Cocoba ka Soleh.”
Lisan

2.      Tulis kasimpulan tina eta percakapan dina buku bahasa sunda hidep !
20
3.      Dapat menjelaskan informasi yang diperoleh dari dialog atau percakapan yang disimak dari percakapan langsung ”Cocoba ka Soleh.”

Lisan

3.      Informasi naon anu hidep apal tina percakapan langsung “Cocona ka Soleh”,
Jelaskeun !
20
Menulis (nulis)
4.      Dapat mengungkapkan sesuatu yang dilihat (benda atau seseorang) secara rinci dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti orang lain.
Lisan
/
Tulisan

4.      Prak jelaskeun ku hideup barang atawa benda naon anu aya dina gambar, ku basa anu babari, dipikaharti ku batur jeung
gunakeun tanda baca anu merenah !

40
5.      Dapat menggunakan tanda baca (seru, titik dua, kurung) dalam tulisan.

X.                Sumber / Bahan / Alat
1.      Buku paket ”Panungtun Basa kls 5” Dadang Rahman dkk, Yudistira.
2.      Naskah cerita.
3.      Kertas kerja (HVS / gambar)



Bandung, 05 Oktober 2013
  Guru Pamong                                                                                         Guru Praktikan




Jujun Junaedi S.Pd.I                                                                               Elista Eka Lestari
NIP :                                                                                                      NIM : 1210209022


                                                                    Mengetahui

Dosen Pembimbing                                                                                 Kepala Madrasah




                                                                                                            Asep Saepuzaman S.Sos
NIP :                                                                                                   NRG : 112202175005





















Lampiran 1
“Cocoba ka Soleh”
Dadi          : Man, karunya Soleh nya! Cik keneh ditinggalkeun maot ku bapana, ayeuna indungna ge di rawat di rumah sakit.
Maman      : Indungna Soleh mah da geus lila geringna oge.
Dani          : Naha gering naon kitu ? Eh, maksudna naon panyakitna teh ?
Maman      : Nu matak teu nyaho kuring ge. Ceuk Soleh mah panyakit Indung teh teu bisa di ubaran.
Dira           : Ah,piraku teu bisa di ubaran, unggal panyakit pasti aya ubarna !
Dadi          : Teu kabeh panyakit bisa di ubaran, pan aya cenah panyakit nu can kapanggih piubareunana.
Maman      : Bener kitu saur Pa Guru oge.
Dira           : Naha bet kitu, kumaha atuh nya ?
Dadi          : Kamampuh jalma teh tangtuna oge aya batesna, aya nu bisa dilakukeun ayaoge anu teu bisa.
Maman      : Kira-kira, Soleh bakal kuat kitu narima cocobasakitu beuratna ?
Dira           : Mun kuring jadi soleh, asana moal sanggup narima cocoba sakitu beuratna mah.
Maman      : Ceuk Dani kumaha ?
Dani          : Ari ceuk kuring mah, Soleh moal sanggup lamun nyanghareupan cocobana ku sorangan mah.
Dadi          : teu kitu ceuk kuring mah, Soleh bakal kuat. Manehnabakal bisaeun sabar jeung tawekal. Tapi urang ge tangtu we kudu mantuan sabisa-bisa.
Maman      : Kumaha lamun engke sore urang ngalongok ka rumah sakit, yu  !
Dira           : Duh, hanjakal kuring mah moal bisa. Engke sore the kuring dititah nganteurkeun baju ka Bibi.
Dani          : kuringmah bisa, asal ulah liwat ti tabuh opat.
Maman      : Urang meuli bubuahan nya! Kuring boga tilu rebu, sok tambahan.
Dadi          : Sok tah kuring nambahan opat rebu.
Dira           : Kuring ge bisa nambahan, ngan bisa nambahan dua rebu.
Dani          : Kuring mah da teu boga duit. Naon atuh nu kudu di pigawe ku kuring ? ah rek mantuan ku tanaga we kuring mah.
Dadi          : Teu nanaon, urang meuli nu pihargaeunana sakitu bae.

Lampiran 2
Deskripsi nyaeta karangan basa lancaran anu ngagambarkeun hiji hal kalawan tetela. Nu jadi jejer na nu bisa ngeunaan barang, kaayaan, kajadian,tokoh, carita atawa jelema. Karangan deskripsi kudu malire tilu hal nyaeta nyusun (sistematis), ngawincik jeung make kecap nu tetela. Terangkeun gambar di handap ngaran jeung kaayaannana, naon nu saruana jeung naon bedana !