Minggu, 13 Oktober 2013
QUANTUM TEACHING: Quantum teaching
QUANTUM TEACHING: Quantum teaching: BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Sekolah sebagai wahana pendidikan formal mempunyai tujuan untuk mencerdaskan keh...
Sabtu, 12 Oktober 2013
Silabus RPP
SILABUS
Nama Sekolah / Madrasah : MIS Naelushibyan
Mata Pelajaran :
Bahasa Sunda
Kelas / Smester :
V / I
Standar Kompetensi : Berbicara
(nyarita)
Mampu
mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam
mendeskripsikan benda atau alat, berwawancara, menanggapi suatu persoalan,
menyampaikan pendapat, menyimpulkan isi dialog, memerankan drama pendek.
Menulis (nulis)
Mampu
mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam menulis
cerita, menyusun paragraf, menulis surat, meringkas bacaan, menulis deskripsi
dan menulis eksposisi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator
|
Evaluasi
|
A W
|
Sumber/Alat/
Media
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Menyimpulkan
isi dialog atau percakapan
|
Percakapan
|
·
Murid membaca isi dialog/percakapan
langsung ”Cocoba ka Soleh”.
·
Murid menyimpulkan isi percakapan (dialog) ”Cocoba ka Soleh”.
·
Murid menjelaskan informasi yang diperoleh dari dialog atau
percakapan yang disimak dari percakapan langsung ”Cocoba ka Soleh”
|
·
Dapat membaca isi dialog/percakapan
di langsung ”Cocoba ka Soleh.”
·
Dapat menyimpulkan isi percakapan (dialog) ”Cocoba ka Soleh.”
·
Dapat menjelaskan informasi yang diperoleh dari
dialog atau percakapan yang disimak dari percakapan langsung ”Cocoba ka Soleh.”
|
Tulisan /
Lisan
|
Uraian
|
1.
Bacakeun deui
ku hidep dialog/percakapan “Cocoba ka Soleh” babarengan !
2.
Tulis
kasimpulan tina eta percakapan dina buku bahasa sunda hidep !
3.
Informasi
naon anu hidep apal tina percakapan langsung “Cocona ka Soleh”,
Jelaskeun
!
|
30 menit
|
Buku Paket
Panungtun Basa kelas 5 SD / MI.
Contoh dialog
|
Menulis
Deskripsi
|
Karangan
|
·
Murid mengungkapkan
sesuatu yang dilihat (benda atau seseorang) secara rinci dengan menggunakan
bahasa yang jelas dan mudah dimenegertioleh orang lain.
·
Murid menggunakan tanda baca (seru, titik dua,
kurung) dalam tulisan.
|
·
Dapat mengungkapkan sesuatu yang dilihat (benda
atau seseorang) secara rinci dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah
dimengerti orang lain.
·
Dapat menggunakan tanda baca (seru, titik dua,
kurung) dalam tulisan.
|
Tulisan /
Lisan
|
Uraian
|
4.
Prak
jelaskeun ku hideup barang atau benda naon anu aya dina gambar, ku basa anu
babari, dipikaharti ku batur jeung make tanda baca anu merenah !
|
30
menit
|
Gambar yang
relevan
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Bahasa Sunda
Satuan
Pendidikan : MIS Naelushibyan
Kelas
/ Smester : V / I
Pertemuan
ke :
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
I.
Standar Kompetensi
Berbicara (nyarita)
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan
keinginan secara lisan dalam mendeskripsikan benda atau alat, berwawancara,
menanggapi suatu persoalan, menyampaikan pendapat, menyimpulkan isi dialog,
memerankan drama pendek.
Menulis (nulis)
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan
keinginan secara tertulis dalam menulis cerita, menyusun paragraf, menulis
surat, meringkas bacaan, menulis deskripsi dan menulis eksposisi.
II.
Kompetensi Dasar
Berbicara
(nyarita)
Menyimpulkan
isi dialog atau percakapan.
Menulis (nulis)
Menulis
deskripsi.
III.
Indikator
Berbicara
(nyarita)
1. Dapat membaca isi dialog/percakapan di langsung ”Cocoba ka Soleh.”
2. Dapat menyimpulkan isi percakapan (dialog) ”Cocoba ka Soleh.”
3. Dapat menjelaskan informasi yang diperoleh dari dialog
atau percakapan yang disimak dari percakapan langsung ”Cocoba ka Soleh.”
Menulis (nulis)
1. Dapat mengungkapkan sesuatu yang dilihat (benda atau seseorang)
secara rinci dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti orang
lain.
2. Dapat menggunakan tanda baca (seru, titik dua, kurung)
dalam tulisan.
IV.
Karakter yang
diharapkan
Berani, jujur dan bertanggungjawab.
V.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
dapat membaca dan menyimpulkan langsung isi percakapan “Cocoba ka Soleh”.
2. Siswa dapat menjelaskan informasi yang diperoleh dari
dialog atau percakapan yang disimak dari percakapan langsung ”Cocoba ka Soleh.”
3. Siswa dapat mengungkapkan sesuatu yang dilihat (benda
atau seseorang) secara rinci dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah
dimengerti orang lain dengan tanda baca yang baik dan benar.
VI.
Materi
Pelajaran
Berbicara (nyarita)
Percakapan tentang ”Cocoba ka Soleh”. (Lampiran
1)
Menulis (nulis)
Nerangkeun barang di tilik tina ngaran jeung
kaayaanana, naon nu saruana jeung naon bedana. (Lampiran 2)
VII.
Metode
Ceramah, demonstrasi dan menulis imajinatif.
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (5 menit)
a. Guru mengabsen siswa, berdo’a dan menyiapkan
materi.
b. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (2 x 30 menit)
a. Eksplorasi
Guru bertanya tentang materi kepada siswa
sebagai tes kemampuan siswa.
b. Elaborasi
1. Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok (1
barisan ke belakang).
2. Guru menyiapkan tugas atau bahan-bahan yang
akan di demonstrasikan.
3. Guru meminta setiap kelompok secara bersama
mendemonstrasikan dengan membacakan cerita ”Cocoba ka Soleh”.
4. Guru menjelaskan cara membuat sebuah tulisan
atau karangan.
5. Guru membagikan kertas kerja sejumlah siswa.
6. Setiap siswa membuat tulisan atau karangan
dengan daya cipta dan kreasinya sendiri. Dalam waktu yang ditentukan, guru
menunjuk salah satu siswa untuk menampilkan atau membacakan hasil karangannya.
7. Guru menawarkan siswa lain yang menyatakan
siap membacakan karangannya sendiri, dst.
c. Konfirmasi
a. Guru memberikan penghargaan pada siswa yang
berani tampil di depan kelas.
b. Guru dan siswa melakukan refleksi materi
pelajaran.
3. Kegiatan Akhir (5 menit)
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang
telah dipelajari.
IX.
Penilaian Hasil
Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
Soal
|
Skor
|
Berbicara
(nyarita)
1.
Dapat membaca isi dialog/percakapan
di langsung ”Cocoba ka Soleh.”
|
Lisan
|
|
1.
Bacakeun deui
ku hidep dialog/percakapan “Cocoba ka Soleh” babarengan !
|
20
|
2.
Dapat menyimpulkan isi percakapan (dialog) ”Cocoba ka Soleh.”
|
Lisan
|
|
2.
Tulis
kasimpulan tina eta percakapan dina buku bahasa sunda hidep !
|
20
|
3. Dapat menjelaskan
informasi yang diperoleh dari dialog atau percakapan yang disimak dari
percakapan langsung ”Cocoba ka
Soleh.”
|
Lisan
|
|
3.
Informasi
naon anu hidep apal tina percakapan langsung “Cocona ka Soleh”,
Jelaskeun !
|
20
|
Menulis
(nulis)
4.
Dapat mengungkapkan sesuatu yang dilihat (benda
atau seseorang) secara rinci dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah
dimengerti orang lain.
|
Lisan
/
Tulisan
|
|
4. Prak jelaskeun ku hideup barang atawa benda
naon anu aya dina gambar, ku basa anu babari, dipikaharti ku batur jeung
gunakeun tanda baca anu merenah !
|
40
|
5.
Dapat menggunakan tanda baca (seru, titik dua,
kurung) dalam tulisan.
|
X.
Sumber / Bahan
/ Alat
1. Buku paket ”Panungtun Basa kls 5” Dadang
Rahman dkk, Yudistira.
2. Naskah cerita.
3. Kertas kerja (HVS / gambar)
Bandung, 05
Oktober 2013
Guru Pamong Guru Praktikan
Jujun Junaedi S.Pd.I Elista Eka Lestari
NIP : NIM : 1210209022
Mengetahui
Dosen Pembimbing Kepala Madrasah
Asep
Saepuzaman S.Sos
NIP : NRG
: 112202175005
Lampiran
1
“Cocoba
ka Soleh”
Dadi : Man, karunya
Soleh nya! Cik keneh ditinggalkeun maot ku bapana, ayeuna indungna ge di rawat
di rumah sakit.
Maman : Indungna Soleh mah
da geus lila geringna oge.
Dani : Naha gering
naon kitu ? Eh, maksudna naon panyakitna teh ?
Maman : Nu matak teu
nyaho kuring ge. Ceuk Soleh mah panyakit Indung teh teu bisa di ubaran.
Dira : Ah,piraku teu
bisa di ubaran, unggal panyakit pasti aya ubarna !
Dadi : Teu kabeh
panyakit bisa di ubaran, pan aya cenah panyakit nu can kapanggih piubareunana.
Maman : Bener kitu saur
Pa Guru oge.
Dira : Naha bet
kitu, kumaha atuh nya ?
Dadi : Kamampuh jalma
teh tangtuna oge aya batesna, aya nu bisa dilakukeun ayaoge anu teu bisa.
Maman : Kira-kira, Soleh
bakal kuat kitu narima cocobasakitu beuratna ?
Dira : Mun kuring
jadi soleh, asana moal sanggup narima cocoba sakitu beuratna mah.
Maman : Ceuk Dani kumaha
?
Dani : Ari ceuk
kuring mah, Soleh moal sanggup lamun nyanghareupan cocobana ku sorangan mah.
Dadi : teu kitu ceuk
kuring mah, Soleh bakal kuat. Manehnabakal bisaeun sabar jeung tawekal. Tapi
urang ge tangtu we kudu mantuan sabisa-bisa.
Maman : Kumaha lamun
engke sore urang ngalongok ka rumah sakit, yu
!
Dira : Duh, hanjakal
kuring mah moal bisa. Engke sore the kuring dititah nganteurkeun baju ka Bibi.
Dani : kuringmah
bisa, asal ulah liwat ti tabuh opat.
Maman : Urang meuli
bubuahan nya! Kuring boga tilu rebu, sok tambahan.
Dadi : Sok tah kuring
nambahan opat rebu.
Dira : Kuring ge
bisa nambahan, ngan bisa nambahan dua rebu.
Dani : Kuring mah da teu boga duit. Naon
atuh nu kudu di pigawe ku kuring ? ah rek mantuan ku tanaga we kuring mah.
Dadi : Teu nanaon, urang meuli nu
pihargaeunana sakitu bae.
Lampiran
2
Deskripsi
nyaeta karangan basa lancaran anu ngagambarkeun hiji hal kalawan tetela. Nu
jadi jejer na nu bisa ngeunaan barang, kaayaan, kajadian,tokoh, carita atawa
jelema. Karangan deskripsi kudu malire tilu hal nyaeta nyusun (sistematis),
ngawincik jeung make kecap nu tetela. Terangkeun gambar di handap ngaran jeung
kaayaannana, naon nu saruana jeung naon bedana !
Langganan:
Postingan (Atom)