CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 27 Mei 2013

" mungkin "

Dibalik indah yang mengemuka, ternyata selalu saja ada tanya yang membelit maya.
Tentang senyumnya yang masih samar membunuh kepiluan.
Tentang diamnya yang meniupkan gairah praduga.
Mungkin terlalu dini menyebut ini keindahan yang membahagiakan.
Keindahan yang masih serupa pelangi, mungkin ini lebih masuk di nalar.

Jumat, 24 Mei 2013

Hey ini aku....

Dari Ribuan milyar manusia yang terahir ke dunia, tidak ada satupun yang serupa.
Sepertinya hukum alam telah menakdirkan setiap makhluk terlahir berbeda dengan yang lainnya. 
Selanjutnya menemukan perbedaan jati diri agar saling melengkapi.
Dalam kehidupan terkadang aturan dan doktrin menjadikan kita sebagai manusia yang seragam, 
Tetapi mengapa harus sama ????


Kamis, 23 Mei 2013

.....!!!

Lebih baik diam mencumbu kesendirian
Dari pada sapa dan rinduku tak menjemput nyata di ujung penantian.
Sejenak saja....... DIAM !!!!

Rabu, 22 Mei 2013

Nyeselnya masih berasa, 
Tangisnya masih menjerit
Alurnya masih ku ingat
Rayuan parahnya masih ku kenang
Aku hanya butuh tanggung jawab atas janji, cukup
Itu Saja !!!


#berawal dari si ijo di bawa nginep ma orang.

Senin, 20 Mei 2013

1.35 am

Sejarah pasti mencatat apa yang telah terjadi barusan,
Ketika badan gemetar dan angin sudah tak mampu lagi membendung sepoyannya untuk menyapa barisan ilalang yang kesepian.
Aku sudah terlalu banyak urusan ketimang musti memikirkan omongan orang, walau terkadang itu untuk meninggikan. Ya Allah..... apakah ini jawaban atas kesabaran ???
Sekian tahun aku menunggu, ribuan hari aku menanti, milyaran jam telah aku korbankan.... inikah akhir dari teka-teki pilihan ???!!!
Maha Kuasa-Mu Tuhan yang menciptakan keindahan disetiap penantian, aku harap ini suratan yang masih bisa aku putarkan.


Bandung_Cibiru 21-05-2013

Minggu, 19 Mei 2013

belom beres tapi udah terbengkalai jdi segini z dlu...

Di awali helaan nafas panjang akhirnya aku mampu melewati usia yang terus berkurang. Perjalanan yang lumayan menyita energi dan pikiran itu kini sudah menjadi sejarah klasik yang elegan. Begitu banyak cerita sehingga tak mungkin lagi untuk di kutip dalam sebuah naskah yang hanya berbatas kata demi kata yang terpahat sempurna.

Ya Allah,,, kuatkan dan beri jalan
Astagfirullohal adzim,,,,

Kamis, 16 Mei 2013

Tugas_ Jos GAnDooss......

 Untuk sahabat seperjuangan ku yang tadi tidak sempat menulis, ini saya share untuk lebih mengingatkan kembali....

Soal Metodologi Penelitian

1. Berikan masing-masing satu contoh rumusan hipotesis penelitian dan sesuai dengan bidang anda, berdasarkan bentuk :
 Hipotesis Deskriptif
 Hipotesis Komparatif
 HIpotesis Asosiatif (hubungan/pengaruh)

2. Berikan masing-masing contoh sesuai dengan bidang anda Probability sampling dan Non Probability sampling.

3. buatlah contoh pedoman (kisi-kisi) dari masing-masing instrumen sesuai dengan bidang anda berdasarkan variabel dan indikatornya mengenai teknik pengumpulan data berikut :
 a. Observasi : partisipan, non partisipan, tersruktur dan tidak terstruktur.
 b. Angket : terbuka, tertutup dan semi terbuka.
 c. Wawancara baik tersruktur maupun tidak terstruktur.
 d. Skala : Likert, Guttmen, Semantic Deferensial, Ranting.

Dikumpulkan hari Senin tanggal 20 Mei 2013.
Semangat !!!

Rabu, 15 Mei 2013

RPP Arab



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Individu
Pada Mata Kuliah Bahasa Arab di MI
Dosen : Teti Ratnasih, M.Ag dan Siti Sanah, M.Ag
Disusun oleh :
Elista Eka Lestari
 (1210209022)

PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAN DAN KEGURUAN
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2013
Nama Madrasah   : MI PUI KERTAHARJA
Mata Pelajaran      : Bahasa Arab
Kelas/Smester       : IV / II
Alokasi Waktu      : 1 x 10 Menit

A.  Standar Kompetensi
Struktur Kalimat (التّركيب)
Memahami materi qowa’id tentang “ضمير متّصل مفرد” serta memperhatikan struktur kalimat dalam contoh yang menggunakan “ضمير متّصل مفرد

B.  Kompetensi Dasar
1.    Menerapkan struktur kalimat dasar yang meliputi “ضمير متّصل مفرد
2.    Menemukan makna dan kosakata baru dalam contoh struktur kalimat yang diajarkan.
3.    Menulis contoh struktur kalimat “ضمير متّصل مفرد

C.  Indikator Kompetensi
1.      Menyebutkan fungsi kata dalam kalimat yang mengandung التّركيب
2.      Menggunakan التّركيب ضمير متّصل مفرد dalam teks bacaan tentang أسرة
3.      Menggunakan kalimat yang mengandung التّركيب
4.      Menyusun kalimat lain yang mengandung bentuk التّركيب ضمير متّصل مفرد




D.  Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa mampu mengidentifikasi struktur kalimat yang menggunakan “ضمير متّصل مفرد” dalam materi yang diajarkan.
2.    Siswa mampu menerjemahkan kalimat dalam bahasa arab yang menggunakan “ضمير متّصل مفرد
3.    Siswa mampu menyusun kalimat sederhana menggunakan struktur “ضمير متّصل مفرد
E.  Materi Ajar
أُسْرَةُ فريد
اُنظر إلى هذه الصورة ! هذه أسرتى.
هذا أبى اسمه فريد. هو موظّف. وهذه أمّى. اسمها حديجة. هي ربّة البيت. وهذا أخى اسمه فؤاد. هو تلميذ. وهذه أختى اسمها نبيلة. هي أيضا تلميذة. هذا عمّى اسمه أنوار. هو فلاّح. وهذه عمّتى, اسمها عائشة, هي أيضا فلاّحة.
F.        Metode Pembelajaran
Guru memberikan berbagai contoh pada siswa mengenai ضمير متّصل مفرد, kemudian memberikan penjelasan serta mengaplikasikannya pada contoh kalimat lain.

G.      Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan (2 menit)
a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa/ mengabsen
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
d.   Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan materi.
2.    Kegiatan Inti (8 menit)
1)        Eksplorasi
a.    Guru memulai pelajaran dengan menentukan التّركيب ضمير متّصل مفرد
b.    Menampilkan contoh-contoh kalimat yang berhubungan dengan التّركيب ضمير متّصل مفرد
c.    Menirukan lafal guru dalam membaca التّركيب ضمير متّصل مفرد
2)        Elaborasi
a.    Melafalkan contoh kalimat التّركيب ضمير متّصل مفرد
b.    Siswa diminta untuk membaca contoh-contoh التّركيب ضمير متّصل مفرد
3)        Konfirmasi
a.    Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang ضمير متّصل مفرد
b.    Mengaplikasikan contoh kalimat lain yang ber التّركيب ضمير متّصل مفرد
3.    Penutup (2 menit)
a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/soal latihan hasil belajar kepada siswa
b.    Guru dan siswa berdo’a sebelum mengahiri pelajaran.

H.       Sumber Belajar
-            Buku sumber
Buku pelajaran Bahasa Arab MI kelas IV, smester 1 & 2, Maman Abdul Djaliel, 2009
-            Alat/Media
Spidol
Papan tulis
Gambar




I.          Evaluasi
Menyebutkan mana yang termasuk  ضمير متّصل مفرد dan membaca teks tanpa syakal.
أسرة فريد
انظر إلى هذه الصورة ! هذه أسرتى.
هذا أبى اسمه فريد. هو موظّف. وهذه أمّى. اسمها حديجة. هي ربّة البيت. وهذا أخى اسمه فؤاد. هو تلميذ. وهذه أختى اسمها نبيلة. هي أيضا تلميذة. هذا عمّى اسمه أنوار. هو فلاّح. وهذه عمّتى, اسمها عائشة, هي أيضا فلاّحة.
Mengerjakan Soal mengikuti kaidah-kaidah hurup  (ىْ, كَ, كِ,  هُ, هَا) ضمير متّصل مفرد!
1.   ﺃم      : …….
2.   عم     : …….
3.   كتا ب : …….
4.   ﺃ خت : …….

Bandung,   Maret 2013

Mengetahui
Kepala Madrasah Ibtidaiyah                                                   Guru Bahasa Arab


Anwar Sanusi, M.Ag                                                              Elista Eka Lestari S.Pd.I
NIP :                                                                                       NIP :